Selasa, 27 November 2012

berita terbaru NBL

NBL Indonesia Siap Buka Musim 2012-2013 di Bandung


NBL Indonesia Siap Buka Musim 2012-2013 di Bandung
 Bola.net - Musim ketiga liga basket kasta tertinggi di Tanah Air, Speedy National Basketball League (NBL) Indonesia 2012-2013 mulai bergulir 24 November hingga 2 Desember mendatang di GOR C-tra Arena Bandung. Kota Kembang untuk tahun kedua berturut-turut mendapat kehormatan sebagai seri pembuka.

Bandung menggantikan Jakarta yang semula diplot sebagai venue pembuka. Perubahan ini sebagai bentuk dedikasi untuk almarhum Andre Mamuaya, owner Garuda Kukar Bandung yang wafat pada 21 Agustus lalu akibat kecelakaaan. Serangkaian acara khusus disiapkan PT. Deteksi Basket Lintas (DBL) Indonesia selaku penyelenggara liga untuk mengenang dan memberi penghormatan bersama terhadap almarhum.

”Musim ketiga NBL Indonesia ini patut didedikasikan kepada salah satu sosok terpenting dalam sejarah basket Indonesia, Mas Andre Mamuaya. Walau jarang mau muncul di depan, dari belakang beliau selalu memberikan dukungan agar basket di Indonesia terus maju apapun kendalanya. Semoga musim ketiga ini tidak mengecewakan beliau, dan semoga musim ketiga NBL Indonesia ini menunjukkan bahwa liga basket nasional bukan sekedar bangkit, tapi siap terbang tinggi," ujar Azrul Ananda, Commissioner NBL Indonesia sekaligus direktur PT DBL Indonesia dalam jumpa pers Jumat (23/11).

Tiga laga seru akan membuka seri perdana rangkaian musim reguler Speedy NBL Indonesia 2012-2013.  Diawali oleh laga sengit Hangtuah Sumsel IM versus Stadium Jakarta. Tensi bakal mendidih menginjak game kedua, ketika juara bertahan musim lalu, Satria Muda BritAma Jakarta harus bentrok lawan juara Preseason Tournament 2012, Pelita Jaya Esia Jakarta. Puncaknya, sekaligus menjadi laga yang paling ditunggu-tunggu fans basket Kota Kembang adalah duel Garuda Kukar Bandung versus CLS Knights Surabaya.

Sebagai tuan rumah, Garuda punya motivasi tinggi untuk memenangi laga tersebut. Mereka tentu tak ingin kembali menodai start di musim reguler dengan menelan kekalahan di hadapan publik sendiri. Seperti yang terjadi pada seri pembuka musim lalu. Kala itu Garuda harus takluk 46-50 dari Satria Muda BritAma Jakarta. Misi menghapus memori buruk itulah yang menjadi motivasi Vinton Nolland Surawi dkk saat meladeni CLS Knights.

Garuda mengantongi rekor positif meladeni CLS.  Pada regular season musim kemarin, Garuda menyapu bersih kemenangan dari tiga pertemuan dengan CLS. Garuda pula yang ikut mengandaskan harapan CLS Knights di babak Championship Series. Tren itu berlanjut, menyusul kemenangan tipis 65-62 pada babak penyisihan Preseason Tournament 2012 di Surabaya, Oktober lalu. Tren positif tersebut tak lepas dari penampilan impresif para shooter Garuda di mid area lawan.

”Meskipun selalu unggul melawan CLS, kami tak boleh sedikitpun lengah. Anak-anak masih bermasalah dengan free throw dan permainan under basket. Dua hal tersebut harus dimaksimalkan jika ingin kembali mengulang kemenangan melawan CLS,” ucap A.F. Rinaldo, asisten pelatih Garuda.

CLS tentu tak ingin kembali dipecundangi oleh Garuda. Di bawah kendali pelatih baru asal Filipina, Edward Vergeire Santos, CLS akan mencoba mematahkan rekor buruk saat bertemu Garuda. Mereka akan mengandalkan gaya permainan run and gun untuk meredam Garuda. Coach Dong, sapaan akrab Edward Vergeire Santos mengisyaratkan tak akan memberikan instruksi khusus untuk meredam para pemain bintang Garuda, seperti Hendru Ramli. ”Kami tak akan fokus pada satu atau dua pemain. Anak-anak saya instruksikan untuk bermain agresif dan terus memberikan pressure pada setiap pemain Garuda yang membawa bola,” tegas Coach Dong.

Rekor pertemuan Garuda Kukar Bandung versus CLS Knights Surabaya, perbandingan statistik kedua tim, serta fakta menarik pemain dari kedua tim tersebut dapat dilihat di lampiran.

Liga basket kasta tertinggi ini tetap mendapat dukungan dari PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) dengan brand Speedy yang diusung sebagai title partner. ”Dukungan ini menunjukkan bahwa Telkom konsisten untuk turut memajukan prestasi olahraga di Indonesia sehingga diberi kepercayaan untuk menjadi title partner pada event olahraga besar ini,” ujar Deputy GM Telkom Unit Consumer Service Regional Jawa Barat, Teguh Irwandi(nbl/kny)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar